Apa Itu Sertifikasi IT

Apa Itu Sertifikasi IT

Apa Itu Sertifikasi IT – Banyak lulusan baru ingin mendapatkan pekerjaan secara langsung, namun hanya sedikit yang berpikir untuk mempertahankan dan memperbaiki resume mereka dengan mendapatkan lebih banyak sertifikat yang mendukung latar belakang akademis mereka dan untuk mendapatkan pekerjaan impian. Di era TI sekarang ini, sertifikat yang sangat diminati tentunya adalah sertifikat TI. Tentang apa tepatnya sertifikat ini dan mengapa banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya?
• Sertifikat IT 101
Apa itu sertifikat IT? Ini mirip dengan sertifikat bidang lain, tetapi yang ini tepatnya di bidang IT. Untuk mendapatkan sertifikat, Anda harus mengikuti kursus dan lulus tes, seperti TOEFL atau IELTS. Terlebih lagi, Anda tidak perlu memiliki latar belakang akademis IT untuk mendaftar ujian. Selama Anda mempelajarinya dengan baik dan membuat diri Anda terpapar pembaruan IT, Anda dapat lulus ujian.

Sertifikat TI bervariasi dan ada beberapa level yang mungkin perlu Anda ketahui sebelum mengambilnya. Anda dapat memulai dengan yang dasar seperti CCNA, dan kemudian pergi ke standar menengah dan profesional setelah Anda mendapatkan posisi di perusahaan dan mencoba untuk mendapatkan yang linier.

• Itu Penting untuk Anda!
Alasan mengapa banyak orang ingin mendapatkan sertifikat TI dapat memasukkannya ke dalam resume mereka adalah karena sangat bermanfaat. Jika Anda mendapatkan sertifikat ini, terutama yang level profesional satu, resume Anda mungkin menonjol, dan peluang Anda untuk masuk di perusahaan IT juga akan lebih besar. Tidak hanya itu, jika Anda lulus ujian terbaru, Anda akan lebih dikenal karena dapat mengikuti dunia IT yang berubah dengan cepat. Jika perusahaan IDN Poker sudah menerima Anda, sertifikasi IT dapat membuat Anda diakui dan dihormati oleh rekan kerja, dan itu akan menjadi jalan Anda untuk mendapatkan lebih banyak proyek dan tentu saja, gaji dan posisi yang lebih tinggi.

Jika Anda tidak berada dalam posisi pencari kerja, sertifikat IT tetap layak untuk Anda dapatkan. Anda bisa memulai karir Anda sebagai analis atau konsultan independen, dan semakin bergengsi sertifikat IT Anda, semakin banyak kredibilitas yang akan Anda dapatkan. Sertifikat ini pasti akan memenangkan Anda atas analis atau konsultan lain. Meski bukan cara langsung, mendapatkan sertifikat IT dapat memuluskan jalan Anda untuk masuk ke komunitas IT global.

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya sertifikat IT ini dan Anda mungkin berpikir untuk mendaftar sekarang. Cari apa yang cocok dan dekat dengan Anda, maka Anda bisa menjelajahi dunia IT dan mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah di dunia IT ini.

Sertifikasi TI Sesuai Permintaan
Artikel Blog Informasi Sertifikat Software

Sertifikasi TI Sesuai Permintaan

Sertifikasi TI Sesuai Permintaan – Persaingan antar perusahaan juga ditentukan oleh kinerja tim IT yang saat ini semuanya sudah digital dan berbasis internet. Jadi kebutuhan akan staf IT tinggi. Namun, perusahaan tidak ingin menyediakan staf TI. Mereka harus memiliki sertifikat tertentu yang membuktikan keahlian mereka. Jika Anda akan melamar pekerjaan berbasis IT, lebih baik mendapatkan salah satu sertifikasi IT yang diminta ini.

1. Sertifikat Cisco
Sertifikat dasar dari Cisco, CCNA (Cisco Certified Network Associate) sudah cukup untuk beberapa perusahaan. Meski ini basic, CCNA ini sebenarnya cukup menantang dan sebagian peserta mengatakan tesnya sangat sulit.

Jika Anda berhasil mendapatkan sertifikat itu dan ingin mendapatkan level yang lebih tinggi, maka Anda harus mencoba CCNP (Cisco Certified Network Professional). Tentu saja, tes ini akan menghabiskan biaya lebih banyak daripada tes sebelumnya dan nilai kelulusan juga lebih tinggi. Anda harus lulus dua dari tiga tes yang berlangsung selama dua jam.

Ingin menjadi ahlinya? Cisco memiliki program yang disebut CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert). Program ini adalah yang paling mahal karena biaya tesnya $ 1.750. Anda harus lulus tes tertulis dan delapan jam bekerja di lab. Tentunya setelah itu, Anda bisa mendapatkan gelar ahli IT.

2. Sertifikat Microsoft
Karena banyaknya perusahaan yang menggunakan program Microsoft, maka mereka dapat menuliskan persyaratan bagi staf IT untuk mendapatkan Sertifikat Microsoft. Level terendah adalah MCITP (Microsoft Certified IT Profesional). Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda harus memiliki pengalaman dua tahun sebagai profesional TI dan kemudian mengikuti ujian dan lulus satu dari lima tahun.

Level yang lebih tinggi dari Microsoft adalah MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer). Dengan sertifikat ini, Anda bisa melamar pekerjaan di perusahaan agen bola dan mendapatkan gaji yang cukup besar. Namun, Anda harus memiliki pengalaman mengonfigurasi, menginstal, merancang, dan memecahkan masalah sistem jaringan selama satu hingga dua tahun. Kemudian ikuti tes $ 875 dan lulus nilai kelulusan.

Manfaat Sertifikasi TI
Artikel Blog Informasi Sertifikat Software

Manfaat Sertifikasi TI

Manfaat Sertifikasi TI – Untuk mendapatkan pekerjaan, apa yang menurut Anda dapat menambah lebih banyak poin, sehingga mereka langsung beralih ke Anda? Jawabannya adalah sertifikat tambahan dari setiap keahlian yang mungkin dibutuhkan. Salah satu sertifikat yang wajib dimiliki sebagai pencari kerja saat ini adalah sertifikat IT, khususnya bagi Anda yang ingin terjun ke dunia IT.
• Bukti untuk Anda
Sertifikat TI diperlukan karena industri TI berkembang pesat saat ini dan memiliki salah satu sertifikat TI yang ditawarkan dapat membuat Anda menonjol di samping banyak kandidat, dan SDM mungkin memperhatikan Anda terlebih dahulu.

Sertifikat itu sendiri bisa menjadi bukti keahlian dan kredibilitas Anda di bidang TI. HR dari perusahaan IT akan menghapus lamaran Anda jika tidak ada bukti bahwa Anda dapat bekerja dengan baik di departemen IT. Jadi, mendapatkan sertifikasi IT adalah bukti kredibilitas Anda yang sah dan semakin bergengsi sertifikat tersebut, semakin besar peluang Anda untuk diterima di perusahaan.

• Personal Branding and Development
Sertifikasi IT dapat berupa branding Anda sebagai penggemar IT atau setidaknya mengetahui hal-hal tentang IT. Manfaatnya adalah orang lain mungkin mengakui Anda terlebih dahulu untuk ditempatkan di departemen TI. Ini akan memberikan pengayaan tentang dunia IT sehingga Anda tidak akan ketinggalan ketika rekan kerja Anda membicarakan IT.

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan sertifikasi IT, Anda mungkin tidak memerlukan latar belakang akademis IT, tetapi Anda harus mengikuti kursus dan juga lulus ujian. Manfaatnya adalah Anda bisa memperkaya diri dengan ilmu IT yang bisa mengembangkan diri Anda secara profesional.

Begitu banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari selembar sertifikat. Itu bisa menjadi kunci bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Tidak hanya di perusahaan IT, tetapi sertifikat ini juga dapat membuat resume Anda muncul dari pelamar lain di perusahaan mana pun tempat Anda melamar. Apa yang kamu tunggu? Daftar untuk mendapatkan sertifikat IT sekarang.

Informasi Seputar Ujian CCNP Sertifikasi IT
Artikel Blog Informasi Sertifikat Software

Informasi Seputar Ujian CCNP Sertifikasi IT

Informasi Seputar Ujian CCNP Sertifikasi IT – Sertifikasi IT adalah sebuah sertifikasi yang dimiliki oleh seseorang yang berkarir di bidang IT. Sertifikasi ini mempunyai banyak manfaat dan fungsi untuk orang yang memilikinya sehingga keberadaan dari sertifikasi ini sangat penting. Bagaimana seseorang mempunyai sertifikasi IT? Caranya adalah dengan mengikuti ujiannya. Seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya dunia IT cukup luas sehingga dibagi menjadi beberapa sub-bagian IT untuk lebih fokus dalam bidangnya masing – masing. Salah satu sertifikasi yang bisa dimiliki di bidang IT adalah CCNP. CCNP atau kepanjangan dari Ciso Certified Network Professional adalah sertifikasi yang penting untuk dimiliki seseorang di dunia IT.

CCNP ini dimiliki oleh seseorang yang mempunyai keahlian di jaringan komputer. Dengan mempunyai sertifikasi ini maka bisa menunjukan sang pemilik mempunyai keahlian di bidang jaringan komputer dengan tingkat profesional maupun mempunyai keterampilan di atas kompetensi sertifikasi CCNP. Jumlah orang yang mempunyai sertifikasi CCNP di Indonesia sendiri masih terbilang sedikit. Sehingga ketika anda mempunyai sertifikasi ini bisa membuat anda lebih unggul dibandingkan orang lain yang sama – sama berada di bidang IT. Apa tujuannya mempunyai sertifikasi? Sertifikasi ini bisa bermanfaat bagi anda untuk mendapatkan karir yang lebih baik lagi. Dengan mempunyai sertifikasi ini anda juga bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar pula.

Mempunyai sertifikasi CCNP ini bisa digunakan untuk membuat anda lebih mudah dipercaya. Karena sertifikasi ini akan membuat anda mendapatkan sebuah pengakuan yang legal bahwa anda merupakan seseorang yang ahli di dunia IT. Seseorang yang mempunyai sertifikasi CCNP ini biasanya diakui bahwa dirinya mampu melakukan berbagai proses routing dan juga scalable jaringan yang ada di internet. Biasanya banyak perusahaan judi bola yang membutuhkan seseorang yang ahli di bidang jaringan untuk mengurus jaringan dalam perusahaan mereka.

Untuk mendapatkan sertifikasi CCNP ini anda harus melalui sebuah ujian. Tidak hanya sertifikat CCNP saja yang harus melalui ujian. Sama seperti sertifikat lainnya yang didapatkan dengan ujian. Ketika ingin mendapatkan sertifikat CCNP ini anda harus melalui tiga buah ujian terlebih dahulu. Ujian yang akan anda lewati adalah ujian routing, switching, dan juga troubleshooting yang ada pada jaringan IP. Untuk bisa mendapatkan sertifikat CCNP ini anda memang harus lolos dalam tiga ujian tersebut. Informasi biaya untuk mengikuti ujian ini adalah berkisar 7 juta dalam sekali ujian.

Sertifikat CCNP ini hanya berlaku selama tiga tahun saja. Sehingga setelah masa berlakunya habis anda harus memperbaruinya lagi. Itulah sekilas informasi mengenai ujian dari sertifikasi CCNP. Tentu saja membekali diri anda dengan bersertifikat akan membuat diri anda lebih dihargai di dunia kerja. Semoga ulasan ini mempermudah dalam mendapatkan informasi seputar ujian CCNP.

Ujian Mendapatkan Sertifikasi IT MCSE
Artikel Blog Informasi Sertifikat

Ujian Mendapatkan Sertifikasi IT MCSE

Ujian Mendapatkan Sertifikasi IT MCSE – Anda bekerja di dunia IT? Atau anda seseorang yang ahli di dunia IT? Tentu saja diri anda harus dibekali dengan sertifikasi. Tidak semua orang yang ahli di bidang IT tersertifikasi, inilah kesempatan yang bisa anda manfaatkan sebaik mungkin. Dengan membuat diri anda tersertifikasi maka diri anda akan dianggap sebagai orang yang paling ahli di dunia IT. Selain itu anda akan mendapatkan pengakuan secara legal bahwa diri anda adalah orang yang paling berpengalaman di dunia IT sehingga lebih mudah untuk dipercaya.

Pentingnya mempunyai sertifikasi tersebut membuat semakin banyak orang yang mengikuti ujian sertifikasi. Salah satu bentuk sertifikasi yang bisa anda temukan adalah sertifikasi Microsoft Certified Solutions Expert atau yang dikenal dengan singkatan MCSE. Sertifikasi yang satu ini adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang mana merupakan perusahaan IT yang paling besar di dunia. Sertifikasi ini juga digunakan sebagai sebuah tolak ukur seseorang yang mana mampu menguasi berbagai hal mengenai sistem instalasi terutama pada bagian microsoft. Orang yang tersertifikasi dengan bidang ini makan juga mampu melakukan troubelshooting ketika nantinya terjadi sebuah masalah di dalam sistem. Jika anda mempunyai sertifikat ini maka anda akan ditempatkan sebagai konsultan yang ada di bidang IT atau sebagai seorang staff paling ahli di bidang IT di berbagai perusahaan. Tidak salah jika sertifikasi yang satu ini masuk dalam salah satu sertifikat yang wajib dimiliki oleh orang yang berada di dunia IT.

Dari ulasan di atas tentu anda semakin paham bahwa MCSE ini sangat penting untuk dimiliki. Bagaimana caranya untuk mendapatkan sertifikasi yang satu ini? Caranya tentu sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti ujian dari MCSE tersebut. Semua jenis sertifikasi yang ada di dunia IT bisa didapatkan melalui sebuah ujian. Ujian yang anda lalui demi mendapatkan sertifikat MCSE ini cukup berbeda dengan ujian yang lainnya. Ujian di MCSE ini cukup beragam, anda bisa memilih sesuai spesialisasi yang ingin anda miliki. Untuk biaya anda akan dikenakan biaya sebesar 2,1 juta untuk sekali ujian yang ingin anda ambil. Masa berlaku dari sertifikasi ini adalah 5 tahun dan anda harus memperbaruinya kembali setelah sudah jatuh tempo.

Ujian yang nantinya akan anda tempuh demi mendapatkan sertifikasi Microsoft Certified Solutions Expert memang cukup menantang. Anda harus menyiapkan diri anda sebaik mungkin untuk bisa lulus dalam ujian tersebut. Dengan membuat diri anda mempunyai berbagai sertifikat di bidang IT ini maka akan memudahkan anda dalam mendapatkan perkerjaan dengan posisi karir yang lebih baik. Sekian sekilas informasi mengenai ujian dari sertifikasi Microsoft Certified Solutions Expert semoga bermanfaat.

Ujian Sertifikasi IT CCNA
Artikel Informasi Sertifikat

Ujian Sertifikasi IT CCNA

Ujian Sertifikasi IT CCNA – CCNA atau Cisco Certified Network Associate adalah sebuah sertifikat yang harus dimiliki orang di bidang IT. Seperti yang kita ketahui bahwa IT adalah salah satu bidang yang sangat berperan penting dalam dunia modern ini. Sehingga para orang yang berada di dunia IT harus dilengkapi dengan adanya sertifikat tersebut. Kenapa sertifikat sangat penting untuk dimiliki? Perlu anda ketahui bahwa dengan mempunyai sertifikat ini maka akan membuat anda menjadi lebih dihargai. Hal ini dikarenakan jumlah orang yang telah di sertifikasi belum banyak. Sehingga jika diri anda termasuk orang yang sudah mempunyai sertifikat maka anda akan dianggap lebih berkualitas. Terbukti dengan adanya sertifikasi tersebut.

Perlu kita ingat bahwa dunia IT sangat luas. Untuk memudahkan lebih fokus dengan satu hal maka dibagi menjadi beberapa sub-bagian. Hal ini membuat ada banyak sekali bentuk sertifikasi yang bisa anda temukan. Nah salah satunya adalah Cisco Certified Network Associate atau CCNA. Mungkin beberapa dari anda ada yang sudah mengenal sertifikasi yang satu ini. Untuk bisa mendapatkan sebuah sertifikasi dari masing – masing sertifikat anda harus melalui sebuah ujian. Nah setiap ujian dari masing – masing sertifikasi ini berbeda. Sehingga sangat penting untuk anda mencari tahu informasi seputar ujian serifikasi yang akan anda ikuti.

Cisco Certified Network Associate atau CCNA ini sendiri adalah sebuah sertifikasi yang mampu memberikan pengakuan seseorang atas kompetensi di bidang jaringan komputer. Biasanya jaringan komputer ini diperuntukan seperti sertifikasi pengakuan entry level network engineer yang mana meliputi ruang lingkup jaringan yang menggunakan skala mid-sized router dan juga switch. Sertifikasi CCNA termasuk dalam salah satu sertifikasi yang sifatnya sangat wajib untuk dimiliki oleh semua calon network engineer yang nantinya ingin sekali bekerja. Biasanya perusahaan – perusahaan besar membutuhkan profesi ini.

Bagi anda yang membutuhkan sertifikasi CCNA ini kini anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Caranya adalah dengan mengikuti ujian CCNA yang ada. Ujian CCNA sendiri sedikit berbeda dengan ujian sertifikasi lainnya. Untuk mengikuti ujian ini maka anda harus mengikuti ujian selama 90 menit yang mana anda diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Selain itu informasi harga mengikuti sertifikasi ini bisa mencapai 4 juta rupiah.

Sertifikasi CCNA dan CCNP ini sama – sama mempunyai masa berlaku 3 tahun sehingga setelah habis masanya harus diperbarui kembali. Itulah sekilas informasi mengenai ujian CCNA yang perlu anda ketahui. Dari ulasan di atas tentu saja anda semakin paham dengan sertifikasi CCNA dan juga ujian sertifikasinya. Kini anda bisa segera membekali diri anda untuk mendapatkan serifikasi tersebut demi menunjang karir anda yang lebih baik.

Inilah Beberapa Sertifikasi Internasional IT
Artikel Informasi Sertifikat

Inilah Beberapa Sertifikasi Internasional IT

Inilah Beberapa Sertifikasi Internasional IT – Pernah mendengar sertifikasi IT? Bagi anda yang bekerja di bidang IT tentu sudah tidak asing dengan sertifikasi tersebut. Sertifikasi IT ini didapatkan dengan menempuh ujian sertifikasi terlebih dahulu. Ujian sertifikasi ini biasanya diselenggarakan secara independen untuk menguji sebuah kompetensi IT yang dimiliki seseorang. Sertifikasi ini bisa digunakan untuk mencari pekerjaan dan juga mendapat pengakuan secara legal bahwa diri anda sudah mempunyai keahlian di bidang IT.

Ketika membahas dunia IT tentu terdapat banyak sekali sub-bidang kompetensinya itulah yang membuat setiap sub-bidang membutuhkan fokus yang lebih dalam. Sehingga sertifikasi ini ada banyak macamnya, nah berikut ini ada beberapa sertifikasi internasional IT yang bisa anda temukan. Sertifikasi pertama adalah Ciso Certified Network Associate atau yang lebih dikenal dengan CCNA. Sertifikasi yang satu ini adalah sertifikasi yang digunakan untuk pengakuan kompetensi di bidang komputer. Keterampilan yang harus dikuasai di bidang ini adalah keahlian seperfi merancang, melaksanakan, dan membangun troubleshooting jaringan yang ada pada komputer baik secara WAN maupun LAN.

Selanjutnya ada juga Ciso Certified Networ Professional atau CCNP. Orang yang mempunyai sertifikasi ini adalah orang yang mempunyai keahlian di bidang jaringan komputer di tingkat yang lebih profesional ataupun keterampilan lebih dari keterampilan yang ada di sertifikasi CCNA. Selain itu ada juga sertifikasi CCIE yang juga merupakan sertifikasi dibidang jaringan komputer yang mana pemiliknya mempunyai gelar di bidang komputer yang telah tertera dibagian sertifikasi tersebut. Sertifikasi internasional lainnya ada juga sertifikasi Compita Network. Sertifikasi ini mampu menunjukan sang pemiliknya mempunyai pengetahuan dibidang pengelolaan, perawatan, troubelshoot, dan berbagai hal pada jaringan komputer yang ada di level dasar.

linitx product MikroTik NA0119 MTCNA Training Course – 29th – 31st January 2019 main image.

Sertifikasi internasional lainnya adalah MikroTik Certified Network Associate atau MTCNA. Sertifikasi ini akan dimiliki oleh seseorang untuk menunjukan sertifikasi di bidang jaringan komputer yang berbasis produk MikroTik. Salah satu sertifikasi yang paling terkenal adalah Cobit 5 yang mana merupakan sebuah sertifikasi yang dimiliki oleh seseorang yang profesional di bidang tata kelola IT. Tentu saja bagi anda yang berada di bidang IT sudah tidak asing dengan sertfikasi internasional ini.

Nah itulah beberapa serifikasi internasional IT yang ada. Selain itu sebenarnya masih ada beberapa sertifikasi internasional lainnya yang tidak kalah penting untuk anda miliki. Mempunyai sertifikasi ini memang sangat menguntungkan bagi anda. Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan karir yang lebih baik dan juga mempunyai pengakuan secara legal yang akan menguntungkan bagi anda. Anda akan lebih dihargai dan dipercayai mempunyai kemampuan dibidang IT dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai sertifikasi. Mulai sekarang anda bisa menentukan sertifikasi yang bisa anda ikuti untuk menunjang karir anda.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Tweet
Share
Pin
Share